Rabu, 09 Januari 2019

HUKUM MENDEDIKASIKAN DIRI UNTUK MERUQYAH,MENGAMBIL UPAH,DAN MENDIRIKAN TEMPAT UNTUK RUQYAH

Bismillah.Alhamdulillah.Allahumma wa sallim 'ala Nabiyyina Muhamad wa 'ala aalihi wa syahbihi ajma'iin.Wa ba'du:

Alih bahasa: Salahudin Sunan Al-Sasaki
التفرغ للرقية
الموضوع: التفرغ للرقية

١.سئل فضيلة الشيخ محمد بن صالح العثيمين رحمه الله تعالى:ما حكم التفرغ للقراءة واتخاذها حرفة؟
"1.Syeikh Muhamad  bn Sholeh Al-Ostimin rahimahullohu Ta'aala ditanya mengenai hukum mendedikasikan diri dalam ruqyah dan menjadikannya sebagai profesi


فأجاب بقوله: أقول: وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته. *التفرغ للقراءة على المرضى من الخير والإحسان، إذا قصد الإنسان بذلك وجه الله عز وجل، ونفع عباد الله، وتوجيههم إلى الرقى الشرعية التي جاءت في كتاب الله وفي سنة رسول الله صلى الله عليه وعلى آله وسلم.* وأما اتخاذ ذلك لجمع الأموال فإن هذه النية تنزع البركة من القراءة، وتوجب أن يكون القارىء عبداً للدنيا: إن أعطي رضي، وإن لم يعط سخط. *لذلك أنصح إخواني الذين يتفرغون للقراءة على المرضى أن يخلصوا النية لله عز وجل، وألا يكون همهم المال، بل إن أعطوا أخذوا، وإن لم يعطوا لم يطلبوا، وبذلك تحصل البركة في قراءتهم على إخوانهم، هذا ما أقوله لإخواني القراء*.
فتاوى نور على الدرب العثيمين (2/4)
"Beliau menjawab dengan mengatakan:" Wa'alaikumussalam warahmatullohi wa barokaatuh.Mendedikasikan diri dalam meruqyah orang yang sakit merupakan suatu kebaikan dan bentuk dari ihsan,apabila kebaikan tersebut diniatkan karena Allah 'azzawajalla,memberikan manfaat untuk hamba-hamba Allah,dan mengarahkan mereka untuk menggunakan ruqyah-ruqyah syar'iyah yang diambil dari Alquran,dan dari sunnah Rasululloh shallallohu 'alaihi wa sallam.Adapun menjadikan ruqyah itu untuk mengumpulkan harta,maka ini akan menghilangkan keberkahan ruqyah itu sendiri,dan membuat peruqyah itu sebagai hamba dunia.Bila diberi dia senang,dan bila tidak beri dia marah.Untuk itu saya sarankan kepada saudara-saudaraku yang sedang mendedikasikan diri dalam ruqyah agar ikhlas kepada Allah,dan agar tujuannya tidak hanya untuk dunia.Bila diberi upah mereka senang,dan bila tidak diberi mereka tidak meminta.Dengan demikian akan didapatkan keberkahan didalam ruqyah mereka terhadap saudara-saudara mereka.Inilah yang dapat saya sampaikan kepada saudara-saudaraku para peruqyah".( Fatawa Nur 'alad darb.Al-Ostimin:2/4).

٢.قال الشيخ عبد الرحمن الفقيح : التفرغ لعلاج الناس مطلوب، والرقية نوع من الطب ، فحكمهاكسائر أنواع الطب في التفرغ لها وأخذ أجرة على العلاج بها وغير ذلك.والطب من الأمور المباحة والعادية فيجوز التفرغ له وأخذ أجرة ونحو ذلك.ويستثنى من ذلك ما فيه مخالفة شرعية*فالذي يشكل على بعض الناس أنه يجعل الرقية عبادة ويطبق عليها شروط البدعة ونحو ذلك ويقول إن السلف لم يفعلوا كذا وكذا ، فإنكارهم على التفرغ للرقية فرع عن جعل الرقية عبادة شرعية .
وأما إذا نظرنا للرقية على أنها مسألة عادية من باب التطبب والعلاج زالت هذا الإشكالات ، فيجوز التفرغ للرقية وأخذ أجرة عليها وإقامة أماكن خاصة بها وغير ذلك .
والرقية تصح بالقرآن و بالأدعية المباحة ، وتصح الرقية من غير المسلم إذا لم يكن في رقيته شركا 
روى مسلم في صحيحه عن جابر بن عبد الله قال: "جاء آل عمرو بن حزم إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم ، فقالوا: يا رسول إنه كانت عندنا رقية نرقي بها من العقرب، وإنك نهيت عن الرقى. قال: فعرضوها عليه. فقال: ما أرى بأساً من استطاع منكم أن ينفع أخاه فلينفعه"
فهذا دليل على أن آل عمرو بن حزم كان عندهم رقية وكان الناس يأتونهم للرقية*
*من استطاع أن ينفع الناس بالتفرغ للرقية والعلاج بالقرآن فليفعل فإن في هذا نفع للمسلمين وصرف لهم عن الذهاب إلى السحرة والمشعوذين
"2.Syeikh Abdurrahman Al-Faqih berpendapat:" Mendedikasikan diri dalam mengobati orang itu diperlukan,dan ruqyah itu diantara jenis pengobatan/At-Thib,hukumnya sama dengan jenis-jenis pengobatan lainnya dalam mededikasikan diri didalamnya,mengambil upah darinya,dan lain-lain.Pengobatan merupakan hal yang mubah,dan hal biasa,maka boleh mendedikasikan diri didalamnya, mengambil upah,dan dikecualikan apabila didalamnya terdapat hal yang bertentangan dengan syari'at.
Ada kesamaran pada sebagian orang yang menjadikan ruqyah itu ibadah sehingga mereka menerapkan syarat-syarat bid'ah,dan semisalnya,lalu berkata bahwa para salaf tidak pernah melakukan ini dan itu.Jadi pengingkaran mereka terhadap orang yang mendedikasikan diri dalam ruqyah adalah cabang dari menjadikan ruqyah itu ibadah syar'iyah.Adapun ketika kita memandang ruqyah itu sebagai hal yang biasa,dan masuk pada masalah kedokteran dan pengobatan,maka kesamaran diatas pasti hilang.Jadi hukumnya boleh mendedikasikan diri didalam ruqyah,mengambil upah,dan boleh mendirikan tempat untuk keperluan ruqyah,dan lainnya.Ruqyah itu sah diambil dari Alquran,dari do'a-do'a yang mubah,juga sah diambil dari non muslim dengan syarat didalamnya tidak ada kesyirikan.
Diriwayatkan oleh Muslim,dari Jabir bin Abdillah radhiallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang ruqyah dan adalah keluarga Amr bin Hazm memiliki bacaan ruqyah yang mereka pakai untuk meruqyah dari sengatan kalajengking. Mereka datang kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan berkata, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya engkau melarang dari ruqyah dan kami memiliki bacaan ruqyah yang kami pakai untuk meruqyah dari sengatan kalajengking.”
Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Perlihatkan kepadaku bacaan ruqyah kalian.”
Mereka pun memerlihatkannya (membacakannya) kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Aku lihat tidak apa-apa. Barang siapa di antara kalian yang mampu memberi manfaat kepada saudaranya, lakukanlah.” Lihat secara rinci dalam Silsilah ash-Shahihah:472).

Ini menunjukkan bahwa keluarga Amru bn Hazm dulunya(zaman jahiliyah) memiliki mantra-mantra,dan dulu orang-orang datang berobat kepadanya.Siapa saja yang bisa memberikan manfaat untuk orang lain dengan mendedikasikan diri didalamnya,dan didalam pengobatan dengan menggunakan Alquran,maka hendaknya dia lakukan,karena hal itu akan mendatangkan manfaat bagi kaum muslimin,dan dapat menghindari mereka untuk pergi ke tukang sihir dan dukun.

٣.وسئل علماء اللجنة الدائمة : عن رجل يرقي الناس بأجرة ولا يعرف إلا بما ثبت عن النبي صلى الله عليه وسلم , ويرجع في ذلك إلى كتب أهل العلم الموثوقين ؟
"3.Komite Tetap untuk Penelitian Ilmiah dan Fatwa Ulama Saudi Arabia ditanya mengenai seseorang yang meruqyah dengan mengambil upah,dan dia tidak mengetahui ruqyah kecuali mengambil apa yang ada dasarnya dari Nabi shallallohu 'alaihi wa sallam berdasarkan referensi dari beberapa kitab ulama yang terpercaya.
فأجابوا:
" إذا كان الواقع منك كما ذكرت أنك تعالج المرضى بالرقية الشرعية , وأنك لم ترق أحدا إلا بما ثبت عن النبي صلى الله عليه وسلم ، وأنك تتحرى الرجوع في ذلك إلى ما ذكره العلامة ابن تيمية رحمه الله في كتبه المعروفة ، وما كتبه العلامة ابن قيم الجوزية رحمه الله في "زاد المعاد" وأمثالهما من كتب أهل السنة والجماعة فعملك جائز ، وسعيك مشكور ومأجور عليه إن شاء الله ، ولا بأس بأخذك أجرا عليه ؛ لحديث أبي سعيد الخدري رضي الله عنه الذي أشرت إليه في سؤالك " انتهى .وحديث أبي سعدي هو الحديث المتقدم في رقية الرجل الذي لدغ بالفاتحة .*وحيث جازت الرقية ، وجاز أخذ الأجر عليها ، فلا فرق بين أن يكون ذلك في البيت
، أو في محل مستأجر ، أو في دار خاصة ، دفعا للحرج والمشقة عن أهل المنزل.  ولا وجه لمن منع ذلك بحجة أنه لم يعرف عن السلف التكسب بهذه الطريقة ، فإنه إذا ثبت أن العمل مباح ، وأن الأجرة عليه جائزة ، كان القول بتحريم هذه المهنة قولا بغير علم.وقد قال البخاري في "صحيحه" في كتاب الإجارة : " باب ما يعطى في الرقية على أحياء العرب بفاتحة الكتاب .وقال ابن عباس عن النبي صلى الله عليه وسلم : ( أحق ما أخذتم عليه أجرا كتاب الله ) " انتهى .
ثانيا :سبق في جواب السؤال (71303) بيان اختلاف العلماء في حكم أخذ الأجرة على الحجامة ، وأن الصحيح أنها جائزة وليست حراماً ، وإنما نهى عنها النبي صلى الله عليه وسلم على سبيل الكراهة لا التحريم .ثالثا:لا حرج عليك في فتح عيادة خاصة للعلاج بالرقية والحجامة ، كما سبق . وفي حال حصولك على عمل آخر ، لا يلزمك ترك الرقية ، ولك أن تجمع بين العملين بما تراه مناسبا ، من غير أن تضر بنفسك أو بأهلك .وحيث إن الاشتغال برقية المرضى مدخل صالح لدعوتهم ونصحهم وتوجيههم للخير –كما ذكرت- ، فلا ينبغي أن تترك هذا العمل ، ولو توفر لك عمل آخر ، فإن هذا من النفع والإحسان المتعدي للآخرين .وينبغي أن يكون المعالج مراقبا لله تعالى ، متقيا له في السر والعلن ، سهلا سمحا مع الناس لا يشق عليهم في أجرة أو ثمن دواء ، مذكرا لهم بأن الشفاء بيد الله تعالى وحده ، ناصحا لهم بالتوبة إلى الله وترك الذنوب التي هي سبب كثير من الآفات والابتلاءات .والله أعلم .
"Para ulama dalam komite fatwa tersebut menjawab:" Apabila kenyataan seperti yang anda sebutkan bahwa anda mengobati orang sakit dengan ruqyah syar'iyah,dan anda tidak meruqyah kecuali dengan yang berasal dari Nabi shallallohu 'alaihi wa sallam,dan anda meneliti hal tersebut menurut apa yang disebut oleh Al'allamah Ibnu Taimiyah rahimahulloh dalam kitabnya yang terkenal,dan dari apa yang ditulis oleh Ibnu Qayyim Aljauziyah rahimahulloh dalam kitabnya" Zaadul Ma'aad",dan dari ulama-ulama ahlu sunnah selain mereka berdua,maka apa yang anda lakukan itu boleh,dan in syaa Allah usaha anda patut disyukuri dan diberi pahala,dan anda tidak mengapa mengambil upah dari hal tersebut sesuai dengan hadits Abi Sa'id Al-Khudri radiallohu 'anhu sebagaimana yang anda singgung dalam pertanyaan anda.Dan hadits Abi Sa'id adalah hadits yang telah lalu yang bercerita tentang meruqyah seseorang yang tersengat kalajengking dengan Alfatihah.
Dimana didalam hadits tersebut membolehkan ruqyah,juga membolehkan mengambil upah dari ruqyahnya.Disini tidak ada perbedaan antara orang yang diruqyah itu dirumahnya,atau di tempat yang disewa,atau di rumah khusus untuk menghindari tuan rumah dari rasa keberatan dan kesulitan.Adapun sudut pandang orang yang melarang dengan alasan hal tersebut tidak dilakukan oleh para salaf didalam mengambil upah dengan cara diatas,maka bila pekerjaan itu sudah ditetapkan kebolehannya,dan upahnya boleh,maka sudut pandang pengharamannya merupakan pandangan tanpa ilmu.
Imam Al-Bukhari berkata dalam sahihnya" Kitab Sewa-menyewa": Bab tentang upah dalam ruqyah terhadap apa yang terjadi diperkampungan Arab dengan menggunakan Alfatihah.Ibnu Abbas berkata dari Nabi shallallohu 'alaihi wa sallam:"Upah yang paling pantas engkau ambil adalah dari Kitab Allah(Alquran)".
Kedua:"sudah dijawab dalam pertanyaan no(71303),dimana dalam jawaban tersebut dijelaskan perbedaan ulama mengenai hukum mengambil upah dari bekam,bahwa yang benar adalah dibolehkan bukan diharamkan.Hanya saja Nabi shallahu 'alaihi wa sallam melarangnya karena makruh saja bukan haram.Ketiga: sebagaimana yang sudah dijelaskan,tidak mengapa engkau membuka klinik khusus untuk mengobati dengan ruqyah syar'iyah dan dengan hijamah/bekam.Segera setelah engkau mendapatkan pekerjaan lain,engkau tidak harus menjnggalkan ruqyah syar'iyah.Engkau hendaknya menggabungkan antara kedua pekerjaan tersebut dengan baik agar tidak mendatangkan mudharat bagi dirimu sendiri dan keluargamu,dimana menyibukkan diri dalam meruqyah orang-orang yang sakit merupakan pintu masuk yang baik untuk mengajak mereka,dan menasehati mereka,juga mengarahkan mereka kejalan yang baik-sebagaimana yang engkau sebutkan-,maka tidak boleh meninggalkan pekerjaan tersebut/ ruqyah,walaupun engkau memiliki pekerjaan lain,karena hal itu memberikan manfaat bagi orang lain,dan berbuat baik kepada mereka,dan seharusnya seorang mu'aalij itu selalu merasa dibawah pengawasan Allah Ta'aala,selalu teliti baik waktu tidak terlihat maupun terlihat,selalu memudahkan,dan memaafkan orang lain,dan tidak mempersulit mereka dalam masalah upah,atau harga obat,dan mengingatkan mereka bahwa kesembuhan itu hanya ditangan Allah semata,menasehati
mereka untuk bertaubat kepada Allah,menyuruh mereka untuk meninggalkan dosa-dosa yang menjadi sebab dari terjadinya bahaya dan bala' ".
٤.سئل الشيخ عبد العزيز بن باز رحمه الله
س 49 / سماحة الشيخ/ يقول السائل: كثُرت هذه الأيام عياداتٌ كُتب عليها العلاج الشرعي بالقرآن
 والسنة ، ويدخل المريض بعد دفع مبلغٍ معين لموظف الاستقبال في هذه العيادة ثم بعد ذلك يقوم الراقي بقراءة القرآن بالمكبر على الحضور ثم يمر عليهم بعد القراءة يكتب لهم الوصفة من عسلٍ أو ماءٍ أو سدرٍ أو غير ذلك فهل يجوز الذهاب لمثل هذه العيادات أم في ذلك محذورٌ شرعي؟
ج 49 / *إذا عُرف أن أصحابها من الخير فلا بأس لكن يقرأ على المريض ، ينفث على المريض على صدره مثلا على يده ، ويدعو له بالشفاء ، يقرأ الفاتحة ، آية الكرسي ، " قل هو الله أحد" والمعوذتين وما تيسر ، يقرأ " اللهم رب الناس أذهب البأس اشفِ أنت الشافي لا شفاء إلا شفاؤك شفاءً لا يغادر سقماً" ويقرأ على الآخر والآخر ويكون في هذا مخلصاً لله جل وعلا ، تاركاً للكذب و الخرافات التي يفعلها بعض الناس ، إذا عُرف أنه رجلٌ طيب ٌ وأنه من أهل الخير يسأل عن أهل العلم ، يسأل عن المعروفين من جيرانه وغيرهم لا بأس* ، أما القراءة بالمكبر فلا أصل لها ، يقرأ على المريض نفسه ، ينفث على المريض وكذلك القراءة الجماعية بالميكرفون هذا أيضاً لا أصل له .
فتاوى السحر والمس والعين مفرغا من شريط للعلامة ابن باز : اعداد بعض طلبة العلم
"4.Syeikh Abdul 'Aziz bn Baz rahimahulloh ditanya dengan pertanyaan no 49/Yang Mulia Syeikh/ Penanya berkata:" akhir-akhir ini banyak sekali klinik-klinik ditulis diatasnya" pengobatan syar'i dengan Alquran dan Sunnah".Disini pasien akan masuk setelah membayar jumlah tertentu pada Resepsionis didalam klinik tersebut,lalu setelah itu peruqyahnya melakukan ruqyah pada pasien-pasien yang hadir tersebut dengan menggunakan pengeras suara,lalu peruqyah ini menghampiri mereka,dan menuliskan resep obat seperti; madu,air,bidara,dan lain-lain.Bolehkah pergi ke klinik-klinik seperti itu ataukah dilarang secara syari'at?
Jawaban no 49:
"Apabila pemilik klinik-klinik tersebut dikenal merupakan orang-orang baik,tidak mengapa pergi kesana,tetapi dengan membacakan Alquran pada satu pasien dengan meniupnya didadanya,misalnya dengan tangannya,dan mendo'akan kesembuhan untuk pasiennya,membacakan Alfatihah,ayat kursi,Alikhlas,dan Al-Mu'awizatain,atau  surah-surah yang mudah,membacakan  اللهم رب الناس أذهب البأس اشفِ أنت الشافي لا شفاء إلا شفاؤك شفاءً لا يغادر سقماً" 
Peruqyah tersebut membacakan Alquran ke setiap pasien dengan ikhlas   dengan meninggalkan kebohongan,khurafat sebagaimana yang dilakukan sebagian orang.Jadi bila peruqyah tersebut dikenal baik,dan termasuk diantara orang-orang baik setelah bertanya kepada ulama tentang peruqyah tersebut,dan juga setelah bertanya kepada tetangganya,dan yang lainnya,maka tidak mengapa pergi berobat padanya.
Adapun membacakan ruqyah dengan pengeras suara tidak ada dasarnya.Peruqyah itu harus membacakan ruqyah pada satu pasien langsung dengan meniupnya.Demikian juga ruqyah massal dengan microphone tidak ada dasarnya.

٥.هذا اتصال مع الشيخ عبيد الجابري حفظه الله في رمضان الماضي
وقد سئل حفظه الله عن حكم فتح عيادات للرقية
وكان المتصل الأخ أبو عائشة اكرمه الله بالخير
وكان الحواري كالتالي وهو مسجل وقد قمت بتفريغه بحول الله
"5.Berikut pembicaraan telpon dengan Syeikh 'ubaid Al-Jaabiri hafizdahulloh pada bulan Ramadhan yang lalu.Syeikh hafizdahulloh ditanya mengenai hukum membuka klinik-klinik ruqyah.Adapun penanya adalah saudara Abu 'aisyah semoga Allah memuliakannya dengan kebaikan.Adapun percakapannya direkam,dan saya yang melakukannya dengan kekuasaan Allah.
السائل: السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
"Penanya:" Assalamu'alaikum warahmatullohi wa barokaatuh"
الشيخ: وعليك السلام ورحمة الله وبركاته
"Syeikh:" Wa'alaikumussalam warahmatullohi wa barokaatuh"
السائل: الشيخ عبيد الجابري؟
"Penanya": Apakah ini Syeikh Al-Jaabiri?"
الشيخ: تفضل.
"Syeikh": Benar silahkan"
السائل: معك أبو عائشة من الجزائر.
"Penanya": Saya Abu 'aisyah dari Aljazair".
الشيخ: تفضل تفضل.
"Syeikh:" Silahkan silahkan
السائل: شيخنا كنت قد اتصلت بك قبل يومين شيخنا فيما يخص الرقية وفتح عيادة لها
 شيخنا..فأحببت شيخنا بارك الله فيكم..أن استنير بكلامكم
وتكون ان شاء الله مكالمة مسجلة بعد إذنكم شيخنا حتى تعم الفائدة ويعم أيضا الأجر إن شاء الله
الشيخ: بسم الله
"Penanya": syeikh kami..saya sudah menelpon anda dua hari yang lalu sehubungan dengan ruqyah dan membuka klinik untuk ruqyah tersebut.Saya ingin wahai syeikh kami meminta pencerahan dengan perkataan anda,dan in syaa Allah pembicaraan ini direkam setelah ijin dari anda dengan tujuan agar bermanfaat bagi umum,juga in syaa Allah agar semua mendapat pahalanya.
"Syeikh": Bismillah"
السائل: قمت بفتح عيادة للرقية مستندا في ذلك إلى فتاوى ثلة من أهل العلم الأخيار..منهم الشيخ ابن باز والعثيمن وغيرهم رحم الله الجميع.بيد أن بعض الإخوة أعابوا علي شيخنا هذا الفعل مستدلين في ذلك إلى أقوال أهل العلم ممن يرى بعدم الجواز في فتح العيادات لعدم ثبوت ذلك عن السلف الصالح رضوان الله عليهم
فهل من نصحية شيخنا تقدمونا لي ولإخواني في هذه المسألة..وأثابكم الله وجزاكم الله عنا كل خير.
"Penanya": Saya telah membuka klinik untuk ruqyah berdasarkan apa yang difatwakan oleh tiga ulama pilihan diantaranya  Ibn Baz, Al-Ostimin,dan lainnya rahimahumulloh semuanya.Namun demikian ada beberapa saudara yang mencela saya melakukan hal tersebut wahai syeikh kami berdasarkan perkataan-perkataan beberapa ulama yang berpendapat tidak membolehkan membuka klinik-klinik dikarenakan tidak adanya ketetapan dalil dari salafus sholeh semoga Allah meridhoi mereka semua.Adakah nasehat wahai syeikh kami yang dapat anda persembahkan kepada saya dan saudara-saudara yang lain sehubungan dengan masalah ini?Semoga Allah memberikan anda pahala,dan semoga Allah membalasnya dengan kebaikan.

الشيخ: بسم الله الحمد لله وصلي اللهم وسلم على نبينا محمدا وعلى آله وصحبه أجميعن..أما بعد:
*فإني لا أرى مانعا من فتح عيادة متخصصة في الرقية الشرعية*..والرقية الشرعية هي ما كان من القرآن مثل آية الكرسي وخواتيم سورة البقرة والإخلاص  والمعوذتين..وإذا كان الشخص مسحورا ينضم إلى ذلك الآيات التي فيها ذكر السحر..في سورة البقرة والأعراف ويونس وطه..
*بشرط أن تكون هذه العيادة خالية من المحاذير..من ذلك الخلوة بالنساء..فلا تستقبل امراة إلا مع زوجها أو محرمها ومنها أن تكون خالية من الدجل والشعوذة وان تكون قاصرة على المؤثور من السنة بالإضافة إلى ما ذكرنا من آيات القرآن الكريم*ومن ذلكم:بسم الله رب الناس أذهب الباس اشف أنت الشافي لا شفاء إلا شفاؤك شفاءا لا يغادر سقما.وغيرها وغير ذلك مما ورد عن النبي صلى الله عليه وسلم في أدعية الرقية
والدليل على ذلك قوله صلى الله عليه وسلم: من استطاع منكم أن ينفع أخاكم فلينفعه..حديث صحيح....... وباقي الكلام بخصوص أخذ الأجرة..... وقد أورد الشيخ حديث الصحابي الذي رقى سيد قوم كان ملدوغا...
وبعض الاحاديث في هذا الباب.فجزاه الله خيرا الجزاء.ثم قال الشيخ: *ونوصي أن يكون فاتح العيادة قاصدا منفعة إخوانه متقربا بذلك إلى الله سبحانه وتعالى محتسبا عنده الأجر، ونوصيه ألا يشترك جعلا معينا على الرقية..إنما يترك ذلك للزوار إن أعطوه أخذ وإن لم يعطوه يكفيه أنه احتسب ذلك عند الله سبحانه وتعالى*....وباقي الاسئلة بخصوص أخذ الأجرة
ثم أنكر الشيخ عن الإخوة الذين أنكروا هذا العمل وقال الشيخ ان مادام الامر ثابتا عن الني صلى الله عليه وسلم فلا بأس
هذا وللحديث بقية بحول الله
والله الموفق
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

"Syeikh":Bismillah.Alhamdulillah.Allahumma wa sallim 'ala Nabiyyina Muhamad wa 'ala aalihi wa syahbihi ajma'iin.Wa ba'du:
Saya berpendapat bahwa tidak dilarang membuka klinik khusus untuk ruqyah syar'iyah.Ruqyah syar'iyah apa yang diambil dari Alquran seperti; Ayat kursi,dua ayat terakhir surah Albaqarah,Al-ikhlas,dan Al-Mu'awizatain.Apabila seseorang itu tersihir dimasukkan disana ayat-ayat yang menyebut tentang sihir yang berada dalam surah Albaqarah,Al-a'raf,Yunus,dan Thaha,dengan syarat klinik ini bersih dari larangan-larangan,diantaranya bersih dari berduaan dengan wanita.Tidak boleh menerima wanita tanpa suaminya,atau tanpa adanya mahramnya.Diantaranya juga klinik ini bersih dari pembohong,dan para dukun.Klinik ini juga dibatasi dengan bacaan yang ada dasarnya,disamping apa yang sudah disebutkan diatas yang dari Alquran yang mulia.Diantara bacaan-bacaan yang ada dasarnya seperti;
بسم الله رب الناس أذهب الباس اشف أنت الشافي لا شفاء إلا شفاؤك شفاءا لا يغادر سقما.
Dan lainnya yang ada dasarnya dari Nabi shallallohu 'alaihi wa sallam yang berhubungan dengan do'a ruqyah,dimana dalilnya adalah:
من استطاع منكم أن ينفع أخاكم فلينفعه..حديث صحيح.
"Siapa saja yang dapat memberikan manfaat bagi saudaranya,maka hendaklah dia melakukannya".Hadits sahih"....terdapat sisa perkataan yang berhubungan dengan mengambil upah,dan syeikh memberikan dalil hadits sahabat yang meruqyah kepala suku yang disengat kalajengking,dan beberapa hadits yang berhubungan dengan masalah ini..Semoga Allah membalas syeikh dengan kebaikan..
Kemudian syeikh berkata:" kami wasiatkan kepada yang membuka klinik agar niatnya untuk memberikan manfaat bagi saudara-saudaranya sambil diniatkan untuk mendekatkan diri kepada Allah subhaanahu wa ta'aala,mengharap balasan-Nya.Kami wasiatkan juga agar tidak menetapkan upah,tapi itu diserahkan kepada pengunjung kliniknya.Bila diberikan upah dia mengambilnya,dan bila tidak diberikan,dia berharap balasan disisi Allah Subhaanahu wa Ta'aala.Sisa pertanyaan mengenai mengambil upah..,dan syeikh mengingkari sauda-saudara yang tidak menyetujui hal tersebut,lalu syeikh berkata:" selama masalah tersebut ada ketetapannya dari Nabi shallallohu 'alaihi wa sallam,maka tidak ada masalah".
Demikian semoga Allah memberikan kita taufiq-Nya.
Wassalamu'alaikum wa rahmatullohi wa barokaatuh

http://www.ahlalhdeeth.com/vb/showthread.php?t=114884

https://www.ajurry.com/vb/showthread.php?t=48974

https://www.khalifa-raqi.com/2017/07/blog-post_45.html?m=1

Dan masih banyak lagi sumber fatwa ulama lainnya,  di antaranya adalah DR. abdullah As Sadhan hafidzhahullah (pengarang kitab 'Qawaidul Ruqyah dan Kaifa Tu'aliju Maridhaka bi Ar Ruqyah), beliau seorang dokter yang membuka klinik ruqyah dan diberi tazkiyah langsung oleh ulama seperti Syaikh Dr. Abdullah bin Sulaiman al Mani',  Syaikh Dr. Abdullah bin Abdurrahman al Jibrin,  Syaikh Dr. Nashir bin Abdul Karim al Aql dan Syaikh Dr. Muhammad bin Abdurrahman al Khumais. Silahkan kunjungi websit resminya: http://www.sheefaa. net/index.php?Ing=ar

Dan http://www.waraqat.net/655/.

✒ Ibnu Yota bin Sukarya hafidzhahullah

*Salam Belajar,  Belajar dan Belajar*

Terus mengkaji dan tidak mengenal rasa jumud dalam lautan ilmu.

*✒📚Repost FB for RTF Cantilan Japura _0813 9423 9282_🌹🕌🇸🇦*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar